Khong A Djong Pendekar Besar Asli Semarang (PART I)

Khong A Djong Pendekar Besar Asli Semarang (PART I) – Mungkin bagi sebagian orang semarang nama Khong Ching Chiang akan terdengar sangat asing, namun jika menyebut nama Khong A Djong, bisa di pastikan sebagian besar akan tahu siapakah beliau ini.

Siapa yang tidak kenal akan kebesaran nama Suhu yg satu ini, baik dalam medis pengobatan Tiongkok kuno (khusus nya ortopedi) atau lebih dikenal sangkal putung, maupun sepak terjang beliau di dunia beladiri, khusus nya beladiri kungfu/kun thauw di Semarang…

Baca Juga : Biografi Lengkap Jack Ma Founder Alibaba, Manusia Rp 519 Triliun (PART V)

Khong A Djong adalah salah satu legenda nyata di dunia kungfu modern,

Membaca perjalanan hidup sang legenda ini sama dengan menonton film kungfu yang dulu biasa kita lihat di bioskop atau pun di televisi.

Terlahir di Gabahan Lengkong Buntu, Semarang, pada era tahun 1900an, putra dari Khong Hien Yie dan Lie Kwat Nio (sepasang suami istri penjual Lo Sio Bak).

Sedikit yang mengetahui bahwa nama Khong yang tersemat pada nama Khong A Djong ini menandakan bahwa beliau adalah keturunan ke 73 dari guru filsafat Khong Hu Cu.

Pada saat berumur 7 tahun Khong A Djong bersama sang nenek berangkat ke Tiongkok, di sana beliau hidup bersama sang paman nya di daerah Nan Hai, Kwantung.

Baca Juga : Biografi Lengkap Jack Ma Founder Alibaba, Manusia Rp 519 Triliun (PART III)

Selain di ajarkan baca tulis, KAD kecil juga di ajarkan ilmu beladiri di biara Shaolin Sie, selain belajar aliran Shaolin Pay, beliau juga berlatih ilmu Nggo Mbie Pay/Nggo Mee (dalam dialek kanton).

KAD berguru dengan Suhu Siong Mao, salah seorang pesilat legendaris tangguh, dari negeri Tiongkok,yang tak lain adalah murid dari Wong Fei Hung/Huang Fei Hung(1847-1933).