Beruang Si Besar Yang Menggemaskan Sekaligus Berbahaya (PART II)

Beruang Si Besar Yang Menggemaskan Sekaligus Berbahaya (PART II) – Spesies enam beruang yang ada pada daftar IUCN semakin rentan atau terancam dan bahkan telah mendapat sedikit perhatian, seperti beruang cokelat, berada pada risiko extirpation di negara tertentu.

Perburuan dan perdagangan internasional ini, padahal sudah ada pelarangan tapi tetap saja ini masih berlangsung.

beruang

Perjalanan Tentang Beruang

Dulu sekali sekitar 20 juta tahun lalu tepatnya di daratan Eurasia, ini merupakan awal dari kehidupan para beruang.

Nah, beruang pertama dulunya masih sebesar anjing yang harus hidup di atas pohon untuk menghindari para predator darat yang kuat seperti Srigala dan Singa.

Pada 15 juta tahun yang lalu nenek moyang beruang hanya menurunkan 2 jenis beruang, yaitu: Beruang bermuka pesek dan Panda Raksasa.

Baca Juga : Beruang Si Besar Yang Menggemaskan Sekaligus Berbahaya (PART I)

Yang memisahkan diri menyebar ke Asia dan hidup di hutan-hutan wilayah China dan mencari wilayah hidup masing-masing, sambil mengembangkan keahlian berburu di darat.

Beruang Muka Pendek

Beruang muka pendek mulai melakukan perjalanan menyeberangi jembatan Beringia yang akan menghubungkan Eurasia dan Amerika Utara.

Tapi sejak tenggelamnya jembatan Beringia akibat es di kutub utara yang meleleh membuat Beruang muka pesek menjadi terbagi dua.

Yang  satu terjebak di daratan baru yaitu di Amerika Utara dan satu lagi bertahan di daratan Eurasia. Beruang muka pesek yang di daratan Eurasia berevolusi menjadi Beruang Hitam dan Beruang Coklat.

Suatu ketika suhu Bumi menjadi semakin dingin dan jembatan Bering terbuka kembali dan Beruang Coklat menyeberang ke Amerika Utara.

Baca Juga : Kisah Hidup Dwayne ‘The Rock’ Johnson: Dari Football, Gulat Hingga Aktor Kelas A (PART II)

Tapi Amerika Utara yang sudah didominasi keturunan Beruang muka pendek yang berukuran raksasa (sekitar 3-4 meter) bertarung dan mengusir Beruang coklat untuk kembali ke Eurasia.

Beruang Coklat

Sekitar 21 ribu tahun yang lalu, Beruang coklat kembali memasuki Amerika Utara, tapi kali ini Beruang coklat menang bersaing dengan Beruang muka pendek.

Bahkan Beruang muka pendek akhirnya punah di Amerika Utara. Sedangkan Beruang coklat di Amerika Utara berevolusi menjadi Beruang Grizzly.