5 hal yang perlu diketahui dari karier R7 – Lepas Dota2 dan sempat pesimistis saat dipercaya RRQ Hoshi (PART I)

5 hal yang perlu diketahui dari karier R7 – Lepas Dota2 dan sempat pesimistis saat dipercaya RRQ Hoshi (PART I) – Dalam dunia esports, banting stir ke game lain bukan sesuatu hal yang mengejutkan, layaknya seorang pelari sekelas Usain Bolt ketika memutuskan untuk menjadi pesepak bola.

Bahkan bisa dibilang, ada banyak sekali pemain profesional esports yang melakukan hal ini.

Sebagian besar pro player esports saat ini memiliki latar belakang sebagai pemain game lainnya.

Sebut saja Muhammad “Lemon” Ikhsan yang menjadi ikon Rex Regum Qeon (RRQ) Hoshi, sebelumnya menimba ilmu di dunia game MOBA dengan memainkan Dota2 dan lainnya sebelum terjun ke Mobile Legends.

Hal yang sama juga terjadi kepada rekan satu timnya, Rivaldi “R7” Fatah. Bedanya, R7 sudah lebih dahulu menjadi pemain pro Dota2 bersama RRQ sebelum memilih banting stir ke Mobile Legends.

Baca Juga : Inilah Bukti Bahwa Tuturu Akan Meninggalkan RRQ di MPL ID Season 6!

Keputusan seperti ini adalah hal yang lumrah terjadi pada setiap orang, layaknya seorang manusia yang berusaha untuk menjadi lebih baik dengan menentukan sebuah pilihan demi karier dan masa depan yang lebih baik.

Berikut lima hal yang bisa kita pelajari dari perjalanan karier esports R7 hingga kini disebut-sebut sebagai offlaner Mobile Legends terbaik di dunia.

Hengkang dari Dota2

R7 merupakan mantan pemain Dota2 untuk RRQ. Menurut data yang ada di Liquipedia, ia sudah pernah bermain untuk beberapa tim, seperti Majapahit Esports dan The Prime, sebelum gabung dengan RRQ.

Baca Juga : Demi Lovato Kembali Diterpa Isu Narkoba Jelang RIlis Album Baru

Namun seiring berjalannya waktu, R7 berpikir bahwa sangat sulit untuk menjadi pro player Dota2 di Indonesia.

Selain minimnya turnamen besar, scene game MOBA PC ini di Tanah Air sudah cukup tertinggal dari negara-negara lain, terutama Eropa dan Cina.

“Dota2 di Indonesia kalah jauh dari negara lain. Kita masih punya banyak PR untuk bisa mengejar tim-tim luar,” ucap R7 dalam acara Empetalk di channel Youtube milik Jonathan “Emperor” Liandi.