5 Fakta Tersembunyi Tentang James Harden dan Kariernya di NBA

5 Fakta Tersembunyi Tentang James Harden dan Kariernya di NBA – James Harden (Houston Rockets) merupakan sosok populer di NBA. Namun, ada lima fakta yang belum banyak diketahui orang tentang dirinya.

James Harden yang terkenal dengan brewok lebatnya ini merupakan salah satu pemain produktif di NBA.

Pebasket berusia 30 tahun ini dinilai sebagai salah satu shooting guard terbaik di kompetisi basket populer tersebut saat ini.

Kehebatan Harden di NBA sudah terbukti karena ia pernah diganjar sebagai MVP pada tahun 2018.

Pemain yang terkenal dengan gerakan step back itu juga dua kali menjadi NBA scoring champions.

Sayangnya performa apik James Harden belum bisa membawa Houston Rockets menjuarai NBA. Sebab, Rockets masih kalah bersaing dengan Golden State Warriors di Wilayah Barat.

Populer dan menjadi pemain bintang di NBA membuat James Harden memiliki banyak fans. Namun, ada fakta-fakta terkait dirinya yang masih belum banyak diketahui.

Dilansir dari laman berita basket NBA Mixes, berikut lima fakta tersembunyi tentang James Harden yang belum banyak diketahui orang.

1. Asma

Siapa sangka sosok atlet hebat seperti James Harden memiliki masalah dengan asma. Sebab, permainan Harden di NBA sama sekali tidak memperlihatkan bahwa ia memiliki riwayat penyakit.

Nah, ketika Harden meniti karier di Universitas Arizona, ia sering menggunakan inhaler karena masalah asmanya. Bahkan, kadang-kadang ia bermain beberapa menit karena gangguan pernapasan.

Baca Juga : Turis di Australia Tak Sengaja Pegang Gurita Cincin Biru, Binatang Paling Beracun di Dunia

2. Hubungan buruk dengan ayahnya

James Harden memiliki hubungan yang buruk dengan ayahnya. Hal itu diketahui karena bintang Houston Rockets tersebut tidak ingin memakai nama ‘junior’.

Nama asli The Beard, yakni James Edward Harden Jr. Akan tetapi, karena hubungan buruknya dengan sang ayah, Harden menyingkirkan ‘junior’ dari namanya.

3. Termuda kedua peraih Sixth Man of the Year

Pada 2012 James Harden berhasil meraih Sixth Man of the Year saat berseragam Oklahoma City Thunder. Ia mencatatkan torehan 16,8 poin; 4,1 rebound, dan 3,7 assist.

Nah, keberhasilan Harden meriah penghargaan itu karena Thunder sendiri berhasil mencapai final NBA. Berkat prestasi ini Harden menjadi pemain termuda kedua yang meraih Sixth Man of the Year di usia 22 tahun.

Baca Juga : Latar Belakang Kehidupan Katy Perry Artis Kelahiran Dari California (PART II)

4. Terpengaruh oleh Manu Ginobili

Eks San Antonio Spurs, Manu Ginobili, merupakan salah satu pemain hebat di NBA yang ternyata memengaruhi permainan seorang James Harden.

Bukti nyatanya, gerakan Harden punya kesamaan dengan Ginobili. Selain itu, Harden juga punya jarak tembak yang jauh dan tangan dominannya adalah kiri, mirip dengan Ginobili.

5. Jenggot

James Harden sangat identik dengan brewoknya yang lebat. Brewok Harden memang sengaja tidak dicukur agar terlihat lebat karena wajahnya kurang garang jika tidak ada jenggotnya.